Cloud in Candy
ABOUT ENTRY LINKS TWITER FACEBOOK TUMBLR
About Halloween~
Kamis, 25 Oktober 2012 • 23.35 • 0 comments
Sambut Halloween, baca article ini!

Halloween sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Tapi, sampai sekarang perayaan ini masih terus ada dan makin berkembang, Di beberapa negara seperti Kanada, Irlandia, Selandia Baru dan negara lainnya, Hallowen jadi peryaan besar yang paling dinanti nantikan. Yuk, cari tahu lebih banyak seputar Halloween !!

Halloween History
Penduduk Irlandia zaman dulu menyebut Halloween sebagai "Tahun Baru Kelt" yang jatuh pada tanggal 31 Oktober. Konon, hari itu dipercaya sebagai puncak terbukanya gerbang dunia dan akhirat. Saat dimana para iblis turun ke dunia untuk menyebarkan penyakit dan merusak hasil panen mereka.
Untuk mengusir iblis jahat tersebut, mereka menyalakan api unggun dan berpura pura menjadi arwah jahat. Caranya dengan menutupi tubuh dengan tulang belulang hasil buruan. Mereka percaya bahwa aksi tersebut ampuh mengusir para hantu. Aksi pura pura inilah yang mencetuskan cikal bakal pesta kostum saat Halloween.
Info:
  • Halloween dibawa ke Amerika Utara oleh para imgran Eropa yang ingin merayakan hasil panen mereka. Pada perayaan itu, para imigran menyalakan api unggun, bertukar cerita hantu, bernyanyi, berdansa dan meramal nasib.
  • Warna hitam dan oranye identik dengan perayaan Halloween. Warna oranye merupakan simbol kekuatan dan pertahanan. Sedangkan warna hitam merupakan simbol dari kematian dan kegelapan sekaligus sebagai tanda bahwa perayaan ini juga menjadi batas antara kehidupan dan kematian. Selain itu, ada juga aksen coklat dan emas yang melambangkan musim panen dan musim gugur.
  • Sekarang, kostum dan topeng Halloween lebih beragam dan nggak selalu terkesan seram. Malah cenderung lucu dan unik. Seperti kostum superhero, misalnya Cat Woman, Wonder Woman, peri, tokoh anime, sampai tokoh kartun televisi.

Apple Bobbing
Di beberapa negara yang beriklim sejuk, perayaan Halloween berlangsung pada saat musim apel tiba. Berbagai sajian dari apel pun menjadi menu makanan utama perayaan ini. Mulai dari permen apel, apel karamel sampai minumam sari apel. Bahkan apel dijadikan alat permainan di hari Halloween, yang dikenal dengan nama Apple Bobbing. Cara bermainnya yaitu, ada sebuah bak atau wadah besar yang berisi air dengan apel di dalamnya, para peserta harus mengambil apel menggunakan gigi mereka dengan kedua tangan mereka terikat dibelakang.
Info:
  • Permainan ini berasal dari tradisi Celtic. Mereka memainkannya di festival All Hallows' Eve (Halloween). Selain sebagai permainan, Apple Bobbing juga dijadikan ajang untuk meramal lho.. Katanya, seseorang yang berhasil pertama kali meraih apel dalam lomba tersebut, diprediksi bakal menikah duluan.
  • Menurut kepercayaan bangsa Celtic, buah apel merupakan simbol Dewi Pomona, dewinya pohon buah. Ia terkenal sebagai dewi yang cantik dan merupakan dewi kesuburan.
Jack O' Lantern
Legenda su labu oranye ini datang dari Irlandia, Alkisah, ada seorang petani licik bernama Jack yang berhasil menipu iblis. Ia meminta iblis untuk naik ke pohon yang sudah diukir salib dan membuatnya nggak bisa turun. Karena kelicikan dan tingkah buruk Jack selama hidupnya, ia nggak diterima di surga maupun neraka. Sang iblis yang pernah ditipunya pun hanya memberikan api dari neraka kepada Jack untuk menemaninya dalam gelap. Oleh Jack, api tersebut dimasukkan ke dalam sebuah Turnip (lobak) agar tidak mudah padam.
Info:
  • Karakter Jack O' Lantern menjadi simbol yang ada di setiap rumah saat perayaan Halloween datang. Konon, simbol labu ini dipercaya ampuh mengusir hantu.
  • Turnip tidak lagi dipergunakan dalam perayaan Halloween karena jenis sayuran ini jarang ditemukan di Amerika. Pilihan lalu jatuh ke labu yang lebih banyak ditemui di Amerika. Dari sinilah, Jack O' Lantern mulai dikenal di seluruh dunia.
  • Sekarang ukiran labu dibuat lebih seru dan lucu. Ada yang sebentuk tengkorak, rumah hantu, berbagai emoticon kucu, tokoh superhero serta tokoh kartun seperti Super Mario Bros, dan The Simpson.
Trick or Treat
Trick or Treat muncul di Eropa pada abad ke 9. Tradisi ini merupakan bentuk modern dari Soul Day yang dirayakan setiap tanggal 2 November. Di hari itu, para pengemis akan berjalan berkeliling dari desa ke desa untuk meminta Soul Cake yaitu potongan oti berbentuk segiempat berisi currant.
Info:
  • Sekarang, tradisi Trick or Treat ini dilakukan oleh sekumpulan anak anak atau remaja yang berjalan dari rumah ke rumah. Mereka memakai kostum unik sambil membawa keranjang. Ketika sampai di depan pintu rumah, mereka akan mengetuuk pintu dan berteriak 'Trick or Treat', artinya, jika tuan rumah nggak memberikan 'treat' (makanan), mereka akan melakukan 'trick' (menjahili tuan rumah tersebut).
  • Makanan yang diberikan sebagai Treat dalam tradisi ini adalah cokelat dan permen. Makan, nnggak heran jika penjualan permen di Amerika Serikat saat Halloween bisa mencapai dua milyar dollar per tahun.
  • Cokelat batangan merupakan makanan terpopuler dalam tradisi Trick or Treat. Snickers, Reese's, Kit Kat dan M&M's adalah empat merk gula-gula yang terpopuler sepanjang perayaang Halloween.
Black Cat
Menurut legenda Celtic kuno, kucing hitam dipercaya sebagai reinkarnasi dari roh roh manusia yang mampu melihat masa depan. Kucng Hitam juga seringkali digambarkan sebagai teman si tokoh penyihir. Makanya, hewan satu ini lumayan sering muncul saat perayaan Halloween.
Info:
  • Ada juga legenda yang menyatakan munculnya kucing hitam di malam Halloween merupakan tanda ada mahkluk lain yang sedang menampakkan diri atau melintas.
  • Kucing hitam ini merupakan salah satu wujud penyamaran penyihir. Konon, barangsiapa melukai kucing hitam di malam Halloween, keesokan harinya akan ada seorang gadis yang terluka, Penyamaran sebagai kucing hitam juga dilakukan untuk melindungi kekuatan para penyihir.
  • Di Inggris, ada kepercayaan siapa yang berhasil mencabut satu bulu putih yang ada di tubuh kucing hitam tanpa dicakar atau diketahui sang kucing, akan beruntung dalam hal percintaan.
Happy Halloween all !! :)

Sumber:MajalahGADIS


PASTFUTURE
MY WORDS;
,
Hi, I'm Alex. I believe in love at first sight. I love animals, sunsets, and beaches. I like listening to people talk about their lives. Welcome.



OTHERS;


LEAVE ME A 'HELLO';


BLOG ARCHIVE;


WHO SEE ME?;